Selasa, 15 Mei 2012

Makalah Gizi pada Ibu Menyusui



BAB I
PENDAHULUAN
                                                                       
1.    Latar Belakang

            Gizi ibu menyusui adalah makanan sehat selain obat yang mengandung protein, lemak,mineral, air dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh ibu menyusui dalam jumlah tertentu selama menyusui. Masa postpartum merupakan masa pemulihan karena merupakan faktor penunjang yang utama produksi ASI sehingga apabila gizi tidak terpenuhi akan menghambat produksi ASI dan dapat mempengaruhi komposisi serta asupan nutrisi untuk bayi baru lahir. Ibu menyusui memiliki kebutuhan yang banyak akan asupan gizi yang terkandung di dalam setiap makanan yang di konsumsinya dengan memperhatikan kebutuhan yang di perlukan oleh tubuhya. Pendidikan tentang gizi amat penting diberikan untuk memberikan pengetahuan yang sebelumnya tidak diketahuinya, sehingga dengan demikian pola makannya akan lebih diperhatikan melelui penyusunan menu seimbang yang di anjurkan dalam pemenuhan kecukupan gizinya. Selain dengan pendidikan, advokasi bisa kita lakukan pada ibu menyusui. Agar terciptanya suatu dorongan yang mendasar akan pentingnya gizi pada Ibu ataupun untuk bayinya.
            Dengan melihat pemaparan diatas, muncullah sebuah keinginan tentang pembuatan makalah mengenai “Gizi Pada Ibu Menyusui” yang berisikan tentang status kebutuhan asupan gizi ibu menyusui, pengaruh gizi pada sukses menyusui, dan cara memberikan pendidikan gizi. Selain itu, makalah ini juga merupakan salah satu tugas dari mata kuliah Gizi dalam Kesehatan Reproduksi.
                                                                
2.    Tujuan
           
            Pembuatan makalah tentang Gizi Pada Ibu Menyusui ini, bertujuan untuk :
1.        Agar mahasiswa dapat mengetahui status kebutuhan asupan gizi yang harus diperhatikan untuk ibu menyusui.
2.        Agar mahasiswa dapat mengetahui pengaruh status gizi ibu pada kesuksesan pemberian ASI.
3.        Agar mahasiswa dapat mengetahui cara untuk memberikan pendidikan gizi pada ibu menyusui.



BAB II
TINJAUAN MASALAH / ISI

1.        Bagaimana status kebutuhan asupan gizi yang harus diperhatikan untuk ibu menyusui ?

2.        Mengapa status gizi berpengaruh bagi ibu menyusui ?

3.        Bagaimana cara untuk memberikan pendidikan gizi bagi ibu menyusui  ?




BAB III
PEMBAHASAN

                                
A.           Status Gizi Ibu Menyusui

Status gizi ibu memberikan peranan yang penting terhadap kuantitas dan kualitas produksi ASI. Misalnya jika ibu kekurangan kalsium akan menyebabkan kebutuhan kalsium bayi diambil dari cabang kalsium pada jaringan ibu. Jika hal ini dibiarkan terus berlanjut maka akan mengakibatkan ibu mengalami osteophorosis dan kerusakan gigi. Kuantitas produksi ASI di pengaruhi oleh keadaan gizi ibu, ibu dengan gizi baik akan memproduksi ASI sekitar 600 - 800 ml pada bulan pertama, sedangkan ibu dengan gizi kurang hanya memproduksi ASI sekitar 500 - 700 ml.
Status gizi ibu menyusui di pengaruhi oleh prinsip, dan faktor yang mesti diperhatikan dalam pemenuhannya.

1.             Prinsip Gizi Bagi Ibu Menyusui

Gizi pada ibu menyusui sangat erat kaitannya dengan produksi air susu, yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi. Bila pemberian ASI berhasil baik, maka berat badan bayi akan meningkat, integritas kulit baik, tonus otot serta kebiasaan makan yang memuaskan. Ibu menyusui tidaklah terlalu ketat dalam mengatur nutrisinya, yang terpenting adalah makanan yang menjamin pembentukan air susu yang berkualitas dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan bayinya.

2.             Faktor- faktor yang mempengaruhi produksi ASI
¨      Pengaruh makanan erat kaitannya dengan volume ASI yang diproduksi per hari.
¨      Protein, dengan adanya variasi individu maka dianjurkan penambahan 15-20 gram protein sehari.
¨      Suplementasi, jika makan sehari seimbang, suplementasi tidak diperlukan kecuali jika kekurangan satu atau lebih zat gizi.
¨      Aktivitas.
¨      Psikologi
¨      Kesehatan
¨      Pengetahuan dan Pendidikan tentang pantangan, kesukaan, kebutuhan
¨      Sosial ekonomi
¨      Bayi tidak mau menyusu
¨      Masalah pada payudara



3.         Pengaruh Status Gizi Bagi Ibu Menyusui
Kebutuhan nutrisi selama laktasi didasarkan pada kandungan nutrisi air susu dan jumlah nutrisi penghasil susu. Ibu menyusui disarankan memperoleh tambahan zat makanan 800 Kkal yang digunakan untuk memproduksi ASI dan untuk aktivitas ibu itu sendiri.
a)             Kebutuhan Gizi Pada Ibu Menyusui
Kebutuhan gizi pada ibu yang sedang menyusui sangatlah harus dipertimbangkan karena menyangkut gizi anak sebelum lahir dan semasa bayi. Selain itu, ibu yang memiliki gizi yang cukup juga dapat membantu pemulihan yang lebih cepat pasca persalinan. Selain itu, produksi ASI juga dapat bertambah. Apabila gizi ibu tidak di penuhi dengan baik semasa hamil dan menyusui tentu akan menimbulkan dampak negative terhadap status gizi ibu, kesehatan ibu dan anak karena ASI yang akan dihasilkan akan berkualitas rendah.
Zat gizi yang dibutuhkan antara lain:
·         Energi
Karena kondisi ibu yang sedang hamil, maka membutuhkan tambahan masukan energi untuk mencukupi kebutuhan untuk ibu dan janin. Untuk itu dibutuhkan sebesar 700 kkal/jari (6 bulan pertama menyusui). Untuk 6 bulan kedua dibutuhkan sekitar rata-rata 500 kkal/ hari dan pada tahun kedua dianjurkan tambahan sebanyak 400 kkal/hari.
·         Protein
Tambahan protein dibutukan sebesar 16 g/hari untuk 6 bulan pertama. Pada 6 bulan kedua dibutuhkan protein sekitar 12 g/hari dan untuk tahun kedua dibutuhkan sebesar 11g/hari.
·         Zat besi
Terdapat sebanyak 0,3 mg/ hari dikeluarkan dalam bentuk ASI. Oleh karna itu perlu ditambahkan dengan basal loss sehari-hari. Rata-rata kebutuhan zat besi untuk 6 bulan pertama menyusui adalah 1,1 mg/hari. Sehingga memerlukan tambahan zat besi sebesar 5 mg/ hari.
·         Kalsium
Diperlukan tambahan dalam jumlah yang cukup besar sekitar 400 mg, karena dalam proses produksi ASI, tubuh juga menjaga konsenterasi kalsiun dalam ASI relative konstan baik dalam kondisi intake kalsium cukup atau kurang. Jika intake kalsium tidak mencukupi maka kebutuhan kalsium dalam produksi ASI akan diambil dari deposit yang ada pada tubuh ibu, termasuk dalam tulang.
·         Vitamin D
Penting untuk kesehatan gigi dan pertumbuhan tulang.
·         Vitamin B-6
Memetabolisme lemak dan protein, memfasilitasi pertumbuhan sel, mendukung syaraf dan sistem kekebalan. Vitamin B-6 sangat dibutuhkan bagi produksi sel darah merah dan putih.
·         Folic Acid (Asam folat)
Mensintesis DNA dan membantu dalam pembelahan sel.
·         Vitamin B-12
Mendukung sistem saraf dan produksi sel darah merah.
·         Zinc (Seng)
Mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan penting dalam penyembuhan luka.
Tabel Kebutuhan Gizi Ibu Menyusui
Zat gizi
0-6 bulan
7-12 bulan
Energi (kkal)
+ 700
+ 500
Protein (g)
+ 16
+ 12
Vitamin (RE)
+ 350
+ 300
Tiamin (mg)
+ 0,3
+ 0,3
Riboflavin (mg)
+ 0,4
+ 0,3
Niasin (mg)
+ 3
+ 3
Vitamin B-12 (µg)
+ 0,3
+ 0,3
Asam folat (µg)
+ 50
+ 40
Vitamin C (mg)
+ 25
+ 10
Kalsium (mg)
+ 400
+ 400
Fosfor (mg)
+ 300
+ 200
Magnesium (mg)
+ 40
+ 30
Besi (mg)
+ 2
+ 2
Seng (mg)
+ 10
+10
Iodium (µg)
+ 50
+ 50
Selenium (µg)
+ 25
+ 20
           
            Kandungan vitamin dan mineral dapat memastikan bahwa ibu dan bayi memperoleh nutrisi yang mereka butuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Semua gizi tersebut dapat didapatkan pada:
a)      Sayur-sayuran
Sayuran merupakan sumber utama makanan yang kaya zat besi, serat, asam folat, beta-carotene, vitamin C, lycopene, flavonoids dan beta-glucans. Makan-makanan kaya zat besi membantu memelihara tingkat energi Anda sekaligus mampu mencegah anemia. Folate atau asam folat sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Jika Anda suka sayuran mentah, coba makan bayam, selada, tomat, ketimun, dan jamur. Jika Anda memilih sayuran yang telah dimasak, pertimbangkan gambas, kacang polong, jagung, kentang, dan labu. sebaiknya makan 3-5 hidangan sayuran setiap hari.
b)      Buah-buahan
Buah yang sehat dan warnanya terang bagus dikonsumsi setelah makan. Kandungan vitamin A, B, K, dan C dalam buah baik untuk membangun sistem kekebalan tubuh ibu dan bayi. Asupan buah juga membantu tubuh penyerapan zat besi. Konsumsi buah-buahan seperti blueberry dan strawberry sangat disarankan karena mengandung anti oksidan dan serat tinggi. Buah dapat dimakan dalam keadaan alami, beku atau dijus. Usahakan  makan 3-5 porsi buah setiap hari.
c)      Kacang-kacangan
Kacang mengandung banyak protein dan merupakan sumber lemak sehat. Protein penting memperbaiki sel-sel vital dalam tubuh. Banyak kacang-kacangan yang juga mengandung vitamin B, E, C, folat, kalium, kalsium, magnesium dan fosfor. Tingkat cukup kalsium diperlukan untuk membangun tulang yang sehat dan gigi. Kacang juga baik untuk camilan termasuk kenari, kacang pinus, kemiri, hazelnut, kacang Brasil dan pistachio.
d)     Ikan
Ikan tinggi omega 3 yang penting bagi pertumbuhan bayi. Tapi ingat, menurut US Environmental Protection Agency (EPA), ibu menyusui tidak boleh makan ikan hiu, ikan todak, makarel raja, atau ikan ubin karena tingkat kandungan merkurinya sangat tinggi. Ikan salmon pollock tuna dan ikan patin masih aman dikonsumsi  12 ons seminggu karena termasuk jenis ikan rendah merkuri.

Hal yang paling penting dalam memenuhi gizi adalah menjaga pola makanan bergizi untuk ibu menyusui, terutama makanan yang banyak mengandung protein, vitamin, mineral, dan cairan.
Berikut beberapa contoh makanan serta nilai gizi yang dikandungnya

Makanan
Jumlah energi
3/4 gelas nasi seberat 100 g
175 Kalori, 4 g protein, dan 40 g karbohidrat
2 buah kentang berukuran sedang seberat 200 g
175 Kalori, 4 g protein, dan 40 g karbohidrat
2 iris roti seberat 80 g
175 Kalori, 4 g protein, dan 40 g karbohidrat
5 biskuit kraker seberat 50 g
175 Kalori, 4 g protein, dan 40 g karbohidrat
1 potong daging ukuran sedang seberat 50 g
95 Kalori, 10 g protein, dan 6 g lemak
1 butir telur ayam negeri seberat 60 g
95 Kalori, 10 g protein, dan 6 g lemak
50 g udang basah
95 Kalori, 10 g protein, dan 6 g lemak
1 buah tahu ukuran besar seberat 100 g
80 Kalori, 6 g protein, 3 g lemak, dan 8 g karbohidrat
2 potong sedang tempe seberat 50 g
80 Kalori, 6 g protein, 3 g lemak, dan 8 g karbohidrat
2 1/2 sdm kacang hijau seberat 25 g
80 Kalori, 6 g protein, 3 g lemak, dan 8 g karbohidrat
Syarat gizi seimbang untuk ibu menyusui      
ü  Tinggi kalori dan protein
ü  Cukup vitamin dan mineral
ü  Mudah dicerna dan tidak merangsang
ü  Tinggi cairan : 800 – 1000 ml/hr
ü  Tinggi konsumsi cairan dan buah segar
ü  Susunan menu bervariasi dan seimbang

b)        Dampak Kekurangan Gizi Ibu Menyusui

       Kekurangan gizi pada ibu menyusui menimbulkan gangguan kesehatan pada ibu dan bayinya. Gangguan pada bayi meliputi proses tumbang anak, bayi mudah sakit, mudah terkena infeksi. Kekurangan zat-zat esensial menimbulkan gangguan pada mata ataupun tu

B.       Pengaruh Status Gizi Ibu Pada Sukses Menyusui
           
            Bila kebutuhan energi wanita usia reproduksi sebesar 2100 kcal / hari, seorang ibu menyusui memerlukan asupan rata-rata 2700 kcal dalam kesehariannya. Tambahan sebesar 500 – 700 kkal tersebut tak lain diperlukan untuk keperluan Biosintesis ASI. Ekstra energi tersebut tidak semuanya harus di dapatkan dari intake makanan yang di konsumsi ibu menyusui sehari-hari. 200 kcal ternyata telah tersedia di tubuh ibu berupa cadangan deposit yang telah di bentuk sejak dimulainya proses masa kehamilan. Sisa 300 – 500 kcal / hari lah yang baru di harapkan diperoleh dari intake makanan keseharian sang ibu. Jadi tidak tepat bila dikatakan seorang ibu menyusui harus makan dengan porsi besar-besaran agar tidak kelaparan dan produksi ASI lancar.
            Saat menyusui minuman keras sebisa mungkin dihindari. Selain itu merokok selama menyusui dapat membahayakan bayi dan mengurangi produksi susu. Penggunaan pil KB selama menyusui harus dihindari sebab dampak jangka panjang hormon dalam pil masih belum diketahui. Pil KB juga diketahui mengurangi produksi susu. Namun, pil POP (Progesteron Only Pil / low-dose) tidak mempengaruhi produksi susu, dan pada kasus khusus pil ini boleh di gunakan (misalnya pada kasus ibu Diabetes yang tidak boleh hamil). Namun, kebanyakan wanita sebaiknya menggunakan metode KB alamiah, kondom, atau IUD daripada menggunakan KB hormonal.  


C.      Pendidikan Gizi Bagi Ibu Menyusui
  1. Buat setiap gigitan berarti.
    Makan
    makanan yang bermanfaat untuk menghasilkan susu yang baik dari segi kualitas maupun kuantitas dan mempercepat kondisi setelah melahirkan.
  2. Semua kalori tidak diciptakan setara.
    Memilih 
    makanan yang mengandung kalori sesuai dengan kebutuhan.
  3. Jika ibu kelaparan, maka bayi juga kelaparan.
    Jangan melewatkan makan jika saat
    menyusui karena dapat memperpendek umur dan daya hidup.
  4. Menjadi ahli efesiensi.
    Memilih
    makanan yang bergizi tidak harus mahal, yang terpenting sesuai dengan kebutuhan nutrisi selama laktasi.
  5. Karbohidrat adalah isu komplek.
    Karbohidrat komplek kaya akan vitamin dan mineral, sehingga menghasilkan air susu yang baik dan cukup.
  6. Makanan yang manis belum tentu bermanfaat, bahkan menimbulkan masalah.
    Kalori yang berasal dari gula, kurang bermanfaat, konsumsi makanan yang manis dikurangi.
  7. Makanlah makanan yang alami.
    makanan olahan biasanya banyak kehilangan nilai gizinya sehingga akan mengurangi nilai gizi air susu.
  8. Buatlah kebiasaan makan yang baik sebagai kebiasaan keluarga, hal ini akan bermanfaat untuk kesehatan keluarga.
Makanan sehari-hari yang di konsumsi oleh ibu menyusui harus memenuhi syarat menu seimbang sesuai dengan kebutuhan gizi ibu. Dalam menyusun hidangan untuk ibu menyusui perlu di perhatikan hal-hal berikut ini :
o    Gunakan bahan makanan yang beraneka ragam
o    Makanan mudah di cerna
o    Bumbu tidak terlalu banyak merangsang
o    Porsi kecil tapi sering
o    Cukup cairan
o    Ibu yang tidak mengalami penyakit tertentu tidak ada pantangan dalam hal makan
o    Makanan yang seimbang, gerak badan, dan udara segar
o    Menjaga kesehatan jasmani dan rohani
o    Jika ibu terlalu gemuk, kurangi makanan sumber zat tenaga
o    Jika ibu terlalu kurus, tambahkan porsi makan
o     Hindari alkohol karena dapat berakibat bayi mengalami FAS (Fetal Alkohol Syndrome) dengan tanda-tanda :pertumbuhan lambat, kepala kecil, bentuk wajah berubah, pertumbuhan sel, serta jumlah produksi sel menurun.

Adapun kebutuhan tambahan makanan yang harus di konsumsi oleh ibu menyusui dapat di lihat dari porsi makan yang harus dikonsumsi. Kebutuhan tersebut dapat dilihat dari tabel di bawah ini yang dapat dijadikan sebagai indikasi dari jumlah makanan yang di butuhkan oleh tubuh yang harus dikonsumsi oleh ibu.





Tabel Tambahan Makanan Untuk Ibu Menyusui

Bahan Makanan
Tidak Menyusui (gr)
Menyusui 0 – 6 bulan (gr)
Menyusui 7 – 12 bulan (gr)
Menyusui 13 – 24 bulan
Beras
250 = nasi 500 gr/5 gelas
50 = nasi 100 gr/ 1 gelas
50
50
Protein hewani
100 (2 potong)
50 (1 potong)
50
50
Telur
50 (1 butir)
50 (1 potong)
50
50
Protein nabati
100 (4 potong)
50 (2 potong)
50
50
Kacang hijau
25 (2,5 sdm)
51 (5 sdm)
-
-
Sayuran
200 (2 gelas)
100 (1 gelas)
100
100
Buah
201 (2 potong)
100 (1 potong)
100
100
Minyak
25 (2,5 sdm)
25 (2,5 sdm)
25
25
Gula
25 (2,5 sdm)
25 (2,5 sdm)
25
25
Susu bubuk
25 (2,5 sdm)
50 (5 sdm)
50
25

1 komentar:

  1. Artikel bagus, Pernahkah Anda mendengar LFDS (Le_Meridian Funding Service, Email: lfdsloans@outlook.com --WhatsApp Contact: +1-9893943740--lfdsloans@lemeridianfds.com) adalah ketika layanan pendanaan AS / Inggris mereka memberi saya pinjaman $ 95.000,00 untuk memulai bisnis saya dan saya telah membayar mereka setiap tahun selama dua tahun sekarang dan saya masih memiliki 2 tahun lagi walaupun saya senang bekerja dengan mereka karena mereka adalah Pemberi Pinjaman asli yang dapat memberi Anda segala jenis pinjaman.

    BalasHapus