Selasa, 29 Mei 2012

Pengalaman Praktik Pertama di Rumah Sakit

PENGALAMAN PERTAMA PRAKTIK KDPK
DI RSUD KODYA SEMARANG




            Senin, 21 Mei 2012 adalah hari dimana mahasiswa Akbid Pemkab Kudus tingkat I semester II program reguler melaksanakan praktik KDPK (Keterampilan Dasar Praktik Klinik). Ini adalah kali pertama saya melaksanakan praktik di Rumah Sakit yaitu di RSUD KODYA SEMARANG. Perasaan senang dan takut pun bercampur menjadi satu. Saya berangkat ke Semarang dengan sembilan temanku yang lain.Kami berangkat dari Kampus jam 06.20 dengan mengendarai L300 yang di sopiri oleh Mr.S. Dosen pembimbing yang mendampingi kami kesana adalah Bu DA.

            Perjalanan dari Kudus menuju Semarang menghabiskan waktu + 2 jam, kami tiba di Rumah Sakit sekitar jam 08.30. Karena barang-barang kami masih berada di mobil maka ketua Diklat (Bu Y)menyarankan pergi ke tempat kos-kosan terlebih dahulu untuk meletakkan barang-barang kami. Kemudian kita baru menuju ke Rumah Sakit.

           RSUD KODYA SEMARANG ini terletak di Jl.Fatmawati No.1 Semarang. Direkturnya bernama Dr. Abimanyu, MM. Kesan pertama melihat Rumah Sakit ini adalah sejuk, asri, indah, dan menyenangkan. Ada hal yang berbeda dari rumh sakit ini yaitu para petugas Rumah Sakit menggunakan sepeda mini untuk pergi dari ruang satu ke ruang lain, dan nama ruangan disini menggunakan nama-nama tokoh pewayangan seperti ruang Dewi Kunti, Bima, Prabu Kresna, dll. 

          Sebelum kami melakukan praktik, terlebih dahulu diadakan persamaan persepsi dengan pihak Rumah Sakit. Setelah itu, kami di bagi menjadi 2 kelompok dengan setiap kelompok masing-masing 5 orang. Di Rumah Sakit ini kami hanya di tempatkan di 2 ruangan yaitu ruang HCU (High Care Unit) dan ruang IGD (Instalasi Gawat Darurat) dengan lama praktik di setiap ruangan dua Minggu.

        Minggu pertama dan kedua saya mendapatkan praktik di ruang HCU. Kepala ruangan / CI (Clinical Instructural) adalah Bu Ananti Lenita. Kebetulan hari ini saya mendapat sift pagi sehingga saya langsung masuk ke ruang HCU untuk melakukan praktik. Di ruang ini terdapat 4 orang pasien yaitu: Ny. D, Tn. K, Ny. SR, dan Tn. S. Ini adalah kali pertama saya masuk di ruang HCU, saya bingung apa yang harus saya lakukan. Untungnya ada mas AY yaitu salah satu petugas kesehatan di ruang HCU yang mengajak saya untuk melakukan TTV (Tanda-Tanda Vital) pada setiap pasien. Alat pemeriksanya menggunakan alat elektrik (Badset) sehingga saya hanya menekan tombol go/stop dari alat tersebut maka hasil yang update pun akan diketahui. Alat ini berfungsi untuk mengetahui jumlah nadi, tekanan darah, pernafasan (RR), SPO2 , dan suhu (t).

         Pasien pertama yang saya tangani adalah Ny. SR, beliau berumur 78 tahun. Beliau tinggal di Jl. Pucang Gede Timur No.32 Mranggen Demak. Ny.SR di diagnosa menderita Hiperglikemi , Hipoalbumin dan Genetric Syndrom. Saya sangat kasihan melihat Ny.SR apalagi melihat kakinya yang mulai ada luka. saya hanya dapat berdo'a semoga beliau cepat sembuh, Amin...

        Banyak pengalaman yang saya dapatkan di hari pertama praktik. Ternyata disini sangat menyenangkan tidak seburuk yang saya pikirkan. Semua CI dan petugas kesehatan baik dan ramah. Seminggu praktik di Rumah Sakit saya sudah mendapatkan banyak pengalaman baru dan ilmu yang sangat berharga yang sebelumnya pengalaman-pengalaman itu merupakan bayangan semata. Seperti cara memasang kateter baik pada wanita maupun pada pria, melakukan vulva hygiene pada pasien, memberi nutrisi via sonde, cara mengetahui kadar Gula Darah Sementara via alat elektrik yaitu Gluco Dr Strip, cara memberikan injeksi insulin, cara memberikan injeksi Intra Selang, cara melakukan sterilisasi, dan masih banyak pengalaman-pengalaman baru yang lain. Di Ruang HCU ini saya sudah menemui 2 orang pasien yang meninggal dunia, yaitu Tn.G dan Ny. N, saya sedih dan ikut berduka cita atas meninggalnya kedua pasien tersebut. Semoga amal ibadahnya diterima Yang Maha Kuasa dan mendapat tempat yang terbaik di sisi Allah SWT serta saudara dan keluarga yang di tinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran, Amin...

      Di ruang ini, hampir semua target praktik dapat tercapai karena di ruang HCU terdapat berbagai kasus-kasus penyakit. Mulai dari DM, Vertigo, Leptospitosis, dan ada juga perawatan pasien post operasi SC.

      Sekian ceriataku mengenai pengalaman pertama praktik KDPK di Rumah Sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar